Selasa, 02 Oktober 2012

Babel Pos Kini 20 Halaman

20 Halaman, Babel Pos Makin Berisi

 TANGGAL 1 Maret tampilan Babel Pos berbeda. Selain bertambah tebal, juga yang semula dua sesi, menjadi tiga sesi. Ada tambahan satu sesi. Semua ini bingkisan spesial untuk para pembaca, relasi maupun mitra Babel Pos.
Ketiga sesi itu adalah, sesi pertama 8 halaman dengan cover halaman depan berisi berita unggulan nasional maupun daerah dan seterusnya, sesi kedua 8 halaman dimulai dengan cover muka "Pangkalpinang", sesi ketiga dengan 4 halaman dengan cover muka Radar Sungailiat.
Secara lengkap edisi Babel Pos 20 halaman ini yaitu sesi pertama berisi Halaman Utama, Nasional, Politika, Sumatera, Sambungan Utama, Jagur, Olahraga dan Soccer. Lalu di sesi 2, ada Pangkalpinang, Hiburan, Opini, Pro Babel 1 (Belitung, Beltim, Basel), Pro Babel 2 (Babar, Bateng, Basel), Halaman Khusus, Sambungan Pangkalpinang, dan Society. Selanjutnya di sesi 3 ada Radar Sungailiat 1, Radar Sungailiat 2, Probis 1 dan Probis 2.
Dengan penambahan satu sesi, praktis Babel Pos kini menjadi 20 halaman, untuk terbitan Senin hingga Sabtu. Sedangkan edisi Minggu, sementara tetap 16 halaman. Bagi media massa cetak harian daerah, ini sudah merupakan jumlah halaman yang cukup banyak. Umumnya rata-rata 16 halaman.
Penambahan halaman ini juga sebagai bentuk dari tanggung jawab kami untuk tidak mengurangi atau mengembalikan hak pembaca. Sebab, dengan 16 halaman terasa makin sesak, seiring dengan terus bertambahnya iklan. Akibatnya, halaman-halaman yang semestinya terisi berita maupun foto, dijejali oleh iklan.
Karena kepuasan pembaca adalah segala-galanya, sehingga halaman pun ditambah. Walaupun dengan keputusan ini ada konsekuensi yang harus ditanggung. Biaya produksi semakin besar, karena ada tambahan penggunaan kertas, tinta, plat, dan bahan cetak lainnya. Bahkan nantinya harus menambah personil baru, sehingga para mitra dan relasi lebih banyak pula pilihan dalam menempatkan iklannya.
Karena itulah, kami juga mohon maaf karena dengan sangat terpaksa harga pun naik menjadi Rp 3000/eksemplar dari sebelumnya Rp 2500. Untuk langganan setia Babel Pos pun juga terpaksa naik menjadi Rp 75.000/bulan darti sebelumnya Rp 60.000.
Pembaca membayar lebih, kami memberikan tambahan sajian, dan tentunya lebih berkualitas. Intinya, slogan "Kerja, Kerja dan Kerja", yang ditanamkan Founding Father Jawa Pos Grup, Dahlan Iskan, menjadi inspirasi kami untuk berbuat lebih bagi masyarakat. Dan ini sesuai dengan misi yang ingin diraih Babel Pos, sebagai koran yang Cerdas Menyejahterakan Masyarakat.
Mengapa tambahan halaman? Salah satu pertimbangannya karena ingin menyajikan lebih banyak lagi informasi terkini di berbagai sektor termasuk sektor perekonomian. Karena di Babel Pos baru ini, ada 2 halaman bisnis yang kami sediakan. Dengan harapan akan memberikan inspirasi terhadap para pengamat, pengambil kebijakan, dan pelaku ekonomi dalam mengembangkan usahanya. Sajian informasi bagi masyarakat pembaca di Kota Pangkalpinang dan Sungailiat dan kota-kota lainnya pun diperbanyak. Semula, masing-masing hanya satu halaman, akan menjadi dua halaman, mengingat pusat edar Babel Pos lebih banyak di kedua kota utama tersebut. Ada pula halaman luar Babel, seperti Sumatera yang semula bernama Sumbagsel. Ini menjadi perhatian kami karena kemajemukan masyarakat di Negeri Serumpun Sebalai ini sangat kentara. Tujuannya agar warga Babel yang berasal dari daerah-daerah ini senantiasa bisa memantau perkembangan apa saja yang terjadi di daerahnya. Karena itu, halaman ini diharapkan sebagai pengobat rindu terhadap kampung halaman. Perkembangan terkini di kancah nasional maupun kondisi perpolitikan nasional juga dunia secara global juga tetap kami sampaikan dengan halaman-halaman Nasional, International maupun Politika. Dan ini menurut kami penting dalam rangka menambah wawasan masyarakat. Lalu ada Halaman Khusus, yang setiap harinya berubah. Pada edisi Senin, halaman ini berisi tentang Kesehatan, Selasa tentang Pendidikan, Rabu (Teknologi), Kamis (Internasional), Jumat (ke-Islaman) dan pada edisi Sabtu berisi Otomotif.
 Berbagai hal yang kami hadirkan dalam rubrik khusus ini, sudah tentu dengan pertimbangan urgensi dan kebutuhan pembaca Babel Pos. Bagaimana dengan edisi Minggu? untuk sementara, kami akan terbit tetap dalam 16 halaman. Namun tentunya juga ada hal-hal yang baru yang kami suguhkan. Berbagai rubrik yang ada dalam edisi minggu ini memang masih terus dalam tahap penyempurnaan. Namun berbagai halaman yang ada saat ini, Babel Pos berupaya mengakomodasi kepentingan semua kelompok usia, pria maupun pembaca wanita, termasuk sebagai wadah remaja berekspresi dengan Halaman Xpresi.
 Bagi media massa cetak daerah, penambahan halaman ini merupakan keputusan langka. Sebab, tren tiras koran harian menurun dalam tiga tahun terakhir. Di sisi lain biaya produksi merangkak naik, seiring dengan terus naiknya harga bahan baku. Tapi kami bersyukur, karena tidak mengalami kondisi sulit seperti itu. Berkat kesetiaan dan kepercayaan yang diberikan oleh para pembaca, mitra dan relasi, tiras Babel Pos tetap berkembang. Pembaruan atau penyempurnaan yang kami lakukan ini tentu belum mampu memenuhi semua tuntutan pembaca, relasi maupun mitra. Tapi, dengan semangat dan potensi yang ada, kami bertekad untuk tidak diam dan akan terus berkreasi. Untuk itu, saran, masukan dan kritik senantiasa kami nantikan untuk penyempurnaan.
 Tanggal 1 Maret adalah hari bersejarah bagi kami. Dan tentu merupakan kebahagiaan dan kebanggaan jika nantinya perubahan yang kami lakukan memberi arti bagi pembaca Babel Pos. Karena itulah, kami tak lupa mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada pembaca, relasi, mitra maupun semua pihak yang selama ini memberi support sehingga kami mampu terus berkembang. SEMOGA Demikian dari Redaksi TERIMAKASIH. BARDIAN STP (Pemimpin Redaksi Babel Pos)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar